Welcome to my blog

Jangan Pernah DiKalahkan Oleh Masa Lalu

Friday, October 14, 2011

Manajement Sumber Daya Manusia (MSDM)


Dosen : Sri Suhandia
Tugas Resume Pertemuan 1 s/d 5

Pertemuan 1 :

Manajemen sebagai ilmu :  berusaha secara sistematis untuk memahami mengapa dan bagaimana manusia bekerja sama untuk mencapai tujuan dana membuat system kerjasama ini lebih bermanfaat bagi kemanusian.

Manajemen sebagai Seni :  seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.

Manajemen sebagai Profesi :
·         Manager membuat keputusan atas dasar prinsip-prinsip umum (POAC).
·         Manager mendapatkan status karena mencapai prestasi kerja.
·         Manager di tentukan oleh kode etik, dengan disiplin untuk mereka yang menjadi kliennya.

Manajemen adalah proses mulai dari merencanakan, mengorganisasikan, memimpin dan mengendalikan pekerjaan anggota-anggota organisasi dan proses penggunaan semua sumber daya organisasi untuk mencapai sasaran yang telah di tetapkan.

Sumber daya organisasi :
·         Man
·         Many
·         Metod
·         Machine
·         Material

Perlunya manajemen di karena :
·         Mencapai tujuan
·         Menjaga keseimbangan diantara tujuan-tujuan yang saling bertentangan.
·         Mencapai efisiensi (melakukan hal yang benar: input output) dan efektiftas (tepat guna).

Ada 3 karakter organisasi, yaitu:
·         Tujuan
·         Struktur
·         Orang-orang


Pertrmuan 2 :

What’s Human Resource Manajement ?

·         Getting thing done through other people.
·         Make decisions, allowcate resource and direct the activities of other to attain goal.
·         Do their work in organization.

Peran Menajemen Sumber Daya Manusia :
·         Administrative
·         Operasional dan penasehat
·         Strategis

Tantangan Menajemen Sumber Daya Manusia :
·         Perubahan ekonomi dan teknologi
·         Ketersediaan dan kualitas angkatan kerja
·         Pertumbuhan angkatan kerja
·         Persoalan-persoalan demografi
·         Penyeimbang pekerja atau keluarga
·         Penyusunan ulang organisasi dan merger / akuisisi (mengambil alih)

Desain Organisasi Tradisional :
·         Struktur Sederhana
·         Struktur Fungsional
·         Struktur Divional

4 pilar pengorganisasian :
·         Pilar 1 : pembagian kerja.
·         Pilar 2 : pengelompokan kerja.
·         Pilar 3 : penentuan relasi antara bagian dalam organisasi.
·         Pilar 4 : penentuan mekanisme untuk mengintegrasi aktivitas antar bagian dalam organisasi atau koordinasi.

Fungsi Menajemen Sumber Daya Manusia :
·         Fungsi Perencanaan
·         Fungsi Rekuitmen dan Seleksi
·         Fungsi Pelatihan dan Pengembangan
·         Fungsi Keamanan dan Kesejahteraan
·         Fungsi Penilaian Kinerja
·         Fungsi Penelitian
·         Hubungan Pekerja
\

Persamaan dan Perbedaan Human Resource Departemen dengan Personal Departemen :
·         Persamaan : sama-sama mengatur unsur manusia dalam organisasi, agar mendukung terwujudnya tujuan.
·         Perbedaan : Human Resource Departemen dikaji secara makro dan Personal Departemen dikaji secara mikro.


Pertemuan 3: Perencanaan Suber Daya Manusia


Perencanaan menyangkut pada : kualitas dan kuantitas yang tepat, waktu dan posisi yang tepat, dan perhatian yang maksimal terhadap tujuan individual dan organisasional.

Fungsi perencaaan Sumber Daya Manusia :
·         Individual :
o   Mengetahui secara pasti rencana ketenagakerjaan.
o   Memungkinkan pekerjaan untuk menyusun pengembangan karir bagi dirinya sendiri.
·         Organisasi :
o   Membantu pimpinan organisasi dalam upaya mendayagunakan Suber Daya Manusia yang ada : efisiensi.
o   Mampu menarik tenaga kerja yang benar-benar dibutuhkan, baik secara kuantitatif dan kualitatif.
o   Menambah kuatnya daya saing organisasi terhadap organisasi lain.

Prosedur perencanaan Sumber Daya Manusia :
·         Menetapkan secara jelas kualitas dan kuantitas Sumber Daya Manusia yang dibutuhkan.
·         Mengumpulkan data dan informasi tentang Sumber Daya Manusia.
·         Menetapkan beberapa alternative.
·         Memilih yang terbaik dari alternative yang ada menjadi rencana.


Pertemuan 4: Rekrutmen dan Seleksi


Rekrutmen adalah proses pencarian calon – calon tenaga kerja yang mempunyai kemampuan sesuai dengan rencana dan kebutuhan organisasi di waktu tertentu, untuk melamar kerja.

Jenis-jenis rekrutme :
·         Internal : mengambil satu/beberapa tenaga dari organisasi itu sendiri.
o   Factor yang mempengaruhi perekrutan Internal :
§  Mutasi/perpindahan.
§  Pengangkatan. (promosi)
§  Inventarisasi keahlian.
o   Keuntungan rekrutmen Internal :
§  Biaya relatif lebih murah
§  Organisasi mengetahui pekerjaan yang memiliki kemampuan untuk jabatan yang kosong.
§  Pekerja memiliki motivasi yang tinggi karena mengetahui kemungkinan peningkatan.
§  Pengembangan karier jelas.
§  Pekerja telah memahami secara baik kebijakan, prosedur, ketentuan dan kebiasaan organisasi.
o   Kerugian:
§  Tidak selalu memberikan perspektif baru.
§  Sulit menjalankan kewenangan dan keluasannya.

·         Eksternal : mengambil satu/beberapa tenaga kerja dari luar organisasi.
o   Keunggulan:
§  Memiliki gagasan.
§  Tingkat penguatan dan keahlian tidak tersedia dalam perusahaan yang sekarang.
o   Kelemahan:
§  Pengetahuan akan moral dan komitmen karyawan rendah.
§  Periode penyesuaian yang relative lama.

Seleksi : memilih beberapa pelamar yang cocok dengan kebutuhan organisasi.

Factor yang mempengaruhi seleksi :
·         Pertimbangan hokum
·         Waktu yang dimiliki untuk mengambil keputusan.
·         Hirarki organisasi.
·         Tipe organisasi.
·         Kualitas pelamar.
·         Jumlah, komposisi, dan ketersediaan tenaga kerja.
·         Ratio seleksi.


Pertemuan 5: Pelatihan dan Pengembangan

Orientasi konten :
1. Informasi tentang manfaat karyawan.
2.
Ppersonil kebijakan.
3.
Rutinitas sehari-hari.
4.
Organisasi dan operasi perusahaan.
5.
Langkah-langkah keamanan dan peraturan.
6.
Fasilitas tur.

Pelatihan / Pengembangan

Tujuan : memperbaiki efektifitas kerja untuk mencapai hasil kerja yang telah ditetapkan. Dapat dilakukan dengan cara :

·         Pelatihan                     : memperbaiki penguasaan keterampilan.
·         Pengembangan            : peningkatan kerja.

·         Proses  pelatihan dan pengembangan: 1. Analisis kebutuhan.
2.
Desain instruksional.
3. Pengesahan
.
4.
Inplement program.
5. Evaluasi
.

·         Menganalisis kebutuhan pelatihan :
1.
Tugas menganalisis.
2.
Menganalisis kinerja.

Jenis pelatihan, yaitu:
·         On the job training :  memberi pelajaran mengenai pekerjaan melalui pekerjaan yang sebenarnya.
o   Metode :
§  Pelatihan.
§  Rotasi.
§  Tugas khusus.
o   Keuntungan:
§  Murah.
§  Adanya timbal balik.

·         Off the job training :  melakukan training di luar organisasi.

No comments:

Post a Comment